Jumat, 15 Agustus 2014

STORYBOARD



Storyboard adalah sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah, dengan storyboard kita dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah, karena kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita kita.

Salah satu  tahapan penting dalam produksi  film adalah membuat storyboard, setelah sutradara dan pengarah fotografi  membahas sebuah adegan mereka kemudian bertemu dengan artis storyboard untuk  menterjemahkan gagasan mereka dalam gambar. Disitu terbentuklah rancangan-rancangan shooting, dan ketika dirasa ada sesuatau yang kurang pas atau ada kendala-kendala dalam pengambilan gambar nantinya segera dapat dilakukan revisi.

 http://farm5.static.flickr.com/4089/4995584202_68f98c04e9.jpg

Dengan mengacu pada rencana shooting  dalam storyboard para pemain dan krue dapat mengerjakan tugas mereka masing-masing dengan cepat dan tepat.  Storyboard secara gamblang memberikan tata letak visual dari adegan seperti yang terlihat melalui lensa kamera.

Storyboard juga berguna bagi editor untuk membantu menyusun scene yang berbeda- beda menjadi sesuai  dengan skenario  dengan lebih mudah dan cepat.

Proses Perancangan storyboard

1. Pengumpulan Data
    , sebagai bahandasar untuk dianalisa. Data dapatberupa data tertulis (verbal), dan datagambar (visual), atau data             lainnyaseperti suara (audio), data teraba(bentuk 3 dimensi) dan aroma/ rasa.
2. Pengelompokkan atau Klasifikasi
 yaitu proses pemilahan, data dasardianalisa untuk dirumuskan.Hasil rumusan tersebut merupakan bahanpenyusunan :Konsep Umum, lebih ditekankan padakonsep komunikasinya.Konsep Kreatif, lebih ditekankan padakonsep kreatifnya.
3.  Implementasi Adalah perwujudan visual(visualisasi)
kreatif ke dalam mediayang telah dipilih berdasarkankesesuaian dengan visi, misi,maksud, tujuan, sasaran pesan agarefisien, efektif, komunikatif danmemiliki nilai keindahan.
Pada proses implementasi inidiperlukan strategi serta pemikiranproses produksi media dan penerapanpada media serta penyebarannya,serta pemasangan di lokasi yang tepat(strategis).
4.  PreTest
 Biasanya akan dilakukan pretest ( ujicoba sebelum storyboard yang ditulisdituangkan dalam bentuk visual danaudio.

Prinsip penyusunan Storyboard

* Kreatif
    yaitu pesan visual/ ide yang disampaikanharus asli atau tidak meniru
* Komunikatif
   yaitu bahasa yang digunakan mudahditerima dengan baik dan lancar
* Efisien
    yaitu pesan yang disampaikanmempunyai keteraturan sehinggasesuai dengan apa yang diingikan
* Efektif
yaitu pesan yang disampaikan tepatdan lancar sesuai tujuan dansasaran yang ingin dicapai.
* Estetis
   Yaitu pesan atau gagasan yang disampaikanmemiliki unsur atau nilai keindahan.
Dengan lima prinsip tersebut diharapkanStoryboard yang dibuat memenuhikebutuhan apa yang ingin disampaikan danmemiliki daya tarik secara visualisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar