Jumat, 15 Agustus 2014

TIPOGRAFI



1.PENGERTIAN TIPOGRAFI

Tipografiatautatahurufmerupakansuatuilmudalammemilihdanmenatahurufdenganpengaturanpenyebarannyapadaruang-ruang yang tersedia, untukmenciptakankesantertentu, sehinggadapatmenolongpembacauntukmendapatkankenyamananmembacasemaksimalmungkin.
Dikenal pula senitipografi, yaitukaryaataudesain yang menggunakanpengaturanhurufsebagaielemenutama. Dalamsenitipografi, pengertianhurufsebagailambangbunyibisadiabaikan.

2.SEJARAH TIPOGRAFI

Sejarahperkembangantipografidimulaidaripenggunaanpictograph. Bentukbahasainiantara lain dipergunakanolehbangsaVikingNorwegiadanIndianSioux. Di MesirberkembangjenishurufHieratia, yang terkenaldengannamaHieroglifpadasekitarabad 1300 SM. BentuktipografiinimerupakanakardaribentukDemotia, yang mulaiditulisdenganmenggunakanpenakhusus.
Bentuktipografitersebutakhirnyaberkembangsampai di Kreta, lalumenjalarkeYunanidanakhirnyamenyebarkeseluruhEropa.
Puncakperkembangantipografi, terjadikuranglebihpadaabad 8 SM di Romasaat orang Romawimulaimembentukkekuasaannya. KarenabangsaRomawitidakmemilikisistemtulisansendiri, merekamempelajarisistemtulisanEtruska yang merupakanpendudukasliItaliasertamenyempurnakannyasehinggaterbentukhuruf-hurufRomawi.
Saatinitipografimengalamiperkembangandarifasepenciptaandengantanganhinggamengalamikomputerisasi. Fasekomputerisasimembuatpenggunaantipografimenjadilebihmudahdandalamwaktu yang lebihcepatdenganjenispilihanhuruf yang ratusanjumlahnya.

3.KLASIFIKASI RUPA HURUF
  • Roman, padaawalnyaadalahkumpulanhurufkapitalseperti yang biasaditemui di pilardanprasastiRomawi, namunkemudiandefinisinyaberkembangmenjadiseluruhhuruf yang mempunyaiciritegakdandidominasigarisluruskaku.
    • Serif, dengancirimemilikisiripan di ujungnya. Selainmembantuketerbacaan, siripanjugamemudahkansaathurufdiukirkebatu.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/e/e1/April.jpg/150px-April.jpg
http://bits.wikimedia.org/static-1.24wmf14/skins/common/images/magnify-clip.png
Contohpenggunaanhurufbersirip di nisan Johanna Christine, Museum Taman Prasasti
    • Egyptian, ataupopulerdengansebutan slab serif. Cirinyaadalah kaki/sirip/serif yang berbentukpersegisepertipapandenganketebalan yang samaatauhampirsama. Kesan yang ditimbulkanadalahkokoh, kuat, kekardanstabil.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/f/f6/Slabserif_thomasdesouza.jpg/150px-Slabserif_thomasdesouza.jpg
http://bits.wikimedia.org/static-1.24wmf14/skins/common/images/magnify-clip.png
Salah satucontohhuruf slab serif di nisan Thomas de Souza, di pintumasuk Museum Taman Prasasti
    • Sans Serif, denganciritanpasirip/serif, danmemilikiketebalanhuruf yang samaatauhampirsama. Kesan yang ditimbulkanolehhurufjenisiniadalah modern, kontemporerdanefisien.
  • Script, merupakangoresantangan yang dikerjakandenganpena, kuasataupensiltajamdanbiasanya miring kekanan. Kesan yang ditimbulkannyaadalahsifastpribadidanakrab.
  • Miscellaneous, merupakanpengembangandaribentuk-bentuk yang sudahada. Ditambahhiasandanornamen, ataugaris-garisdekoratif. Kesan yang dimilikiadalahdekoratifdan ornamental.
  • Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Tipografi

4.      PERKEMBANGAN HURUF
·         Hurufmerupakansalahsatuindikatorpembedaantaramasaawalsejarahdanprasejarah. Perkembanganhurufdimulaisejak SM, awalnyamanusiamenggunakangambaruntukberkomunikasi. BangsaAfrikadanEropamengawalipadatahun 3500-4000 SM denganmembuatlukisan di dindinggua.
·         Sekitartahun 3100 SM, bangsaMesirmenggunakanpiktogramsebagaisimbol yang menggambarkanobjek. Komunikasiterusberkembangdaripiktogrammenjadiideograf, yaitusimbol yang merepresentasikangagasan yang lebihkomplekssertakonsepabstrak lain.
·         SistemalfabetpertamayaituPhoeniciandiperkenalkanpadatahun 1300 SM. Alfabetiniterdiridari 23 simbol yang sangatsederhanadanterbatashanyasebagaiperwakilanunsurbunyi. KemudianbangsaYunanimengadaptasisistemalfabetinikedalamstrukturanatomihuruf yang lebihteraturdenganmenerapkanunsurgeometris. Pengembanganterpentingadalahpenerapanpolamembacadariarahkirikekanan.
huruf
·         Istilahalfabetberasaldarisingkatan 2 hurufpertamadalamsistemalfabetYunaniyaitu ‘alfa’ dan ‘beta’. SistemalfabetkemudianterusberkembanghinggabangsaRomawimenyempurnakandalambentuk yang kitakenaldankitagunakansekarang.
·         ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ
·         Huruf Romanatau yang seringkitasebutsebagaihuruflatinmemilikijumlah 26 huruf yang diterapkansejakabadpertengahandandigunakansebagaialfabetdalambahasaInggriskontemporer.


PENGUKURAN DALAM TYPOGRAFI
1. Relative Measurement
Tigadasarsistempengukuran Relative Measurement dalamtipografiadalah: point (biasadisingkatdenganpt), pica (dibaca: paika), dan unit. Point digunakanuntukmengukurtinggihuruf, sedangkan pica digunakanuntukmengukurpanjangbaris. Pengukurandarilebarpersatuanhurufsertajarakantarhurufdihitungdengansatuan unit.
Type Measurement atau Pengukuran Huruf pada Tipografi
Perhitungan unit hanyadigunakandalam proses yang menggunakanteknologi phototypesetting dan digital composition – teknologi yang digunakanuntukpengetikandanpencetakanhuruf agar dapatmendapatkanhasilcetak yang tajamdanpresisi. Padatahun 1737, Pierre Fournier, seorangpembuathuruf (type founder) dari Paris menemukansistempengukuranhurufdalamsatuan point.
Type Measurement atau Pengukuran Huruf pada Tipografi
Sistempengukuranhuruf yang lain diperkenalkan 40 tahunkemudianoleh Francois AmbroiseDidotdariPerancis. Acuan yang dipakaisekarangadalahsistem Anglo-Saxon denganperhitungan 72 ptsetaradengan 1 inch atau 2,539 cm. Sistempengukurantipografitersebutberawaldariteknikcetak movable type yang padaperkembanganberikutnyadiciptakanstandarisasipengukurandansatuannya
2. Spacing Measurement
Type Measurement atau Pengukuran Huruf pada Tipografi
Didalam Spacing measurement inidigunakansatuanpengukuran, yaitu :
Kerning
Pengukuranjarakantarhuruf (kerning) dalam phototypesetting dan digital composition dihitungdengansistem unit. Sisteminitidakmemilikiacuanpengukuran yang tetap, dalampengertianbahwa unit memilikinilai yang berbeda-bedatergantungkepadasistem yang digunakan. Emberupakotakseukuranbesarnyahuruf, kemudianbilakotakinidibagimenjadibeberapasegmen yang samabesar, makasetiapsegmeninidisebutsebagai unit. Sebuahhuruf ‘U’ dapatmemilikilebar 12 unit, sementarahuruf ‘t’ dapatmemilikilebar 12 unit, sementarahuruf ‘t’ dapatmemilikilebar 6 unit.
Type Measurement atau Pengukuran Huruf pada Tipografi
Leading
Pengukuranjarakantarbaris (leading) dihitungdenganmenggunakansatuan point. Tekniktradisionalmemakailembaran metal yang disisipkan di antarabaris. Lembaran metal inimemilikiketebalan yang beragam.
Type Measurement atau Pengukuran Huruf pada Tipografi
Tracking
Pengukuranjarakantarhurufdalamsatu kata, kalimatatautulisantertentu.
Type Measurement atau Pengukuran Huruf pada Tipografi
Baseline Shift
Sebuah baseline shift digunakanuntukmengukurjarakantarahurufdanbasline (letak paling bawahdarisebuahhuruf, biasanyamembentukgaris) keatasataukebawah
Type Measurement atau Pengukuran Huruf pada Tipografi
Left Align
Pengukuranhuruf yang memungkinkansebuahtulisandapatmenjadi rata kiri
Type Measurement atau Pengukuran Huruf pada Tipografi
Center Align
Pengukuranhuruf yang memungkinkansebuahtulisandapatmenjadi rata tengah
Type Measurement atau Pengukuran Huruf pada Tipografi
Right Align
Pengukuranhuruf yang memungkinkansebuahtulisandapatmenjadi rata kanan
Type Measurement atau Pengukuran Huruf pada Tipografi
Justify
Pengukuranhuruf yang memungkinkansebuahtulisandapatmenjadi rata kiridankanan
Type Measurement atau Pengukuran Huruf pada Tipografi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar